twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

27 Mei 2013

Pengertian Dasar Internet dan Intranet

Pengertian Dasar Internet dan Intranet
 
Pada saat ini jumlah pengguna internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpadukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses yang mudah atas bermacam-macam informasi. Dibandingkan dengan buku dan perpustakaan, internet melambangkan penyebaran (decentralization) informasi dan data secara ekstrim Perkembangan internet juga telah memengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa di lakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui internet. 

Transaksi melalui internet ini dikenal dengan nama e-com-merce. Terkait dengan pemerintahan, internet juga memicu tumbuhnya transparasi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government. Internet membentuk budaya baru dikalangan pengguna. Kebiasaan baru mencari informasi, cara memandang sebuah masalah/kejadian, cara baru mencari/menyebar berita/isu, cara baru berbelanja atau memesan barang, dan lain-lain. 

1.      Internet Interconnected Network atau yang lebih populer dengan sebutan internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan, terhubung secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit, Contoh : 202.65.124.130. Secara harfiah, internet(inter-network) adalah rangkaian komputer yang terhubung ke beberapa jaringan lain. Ketika komputer terhubung secara global dengan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket data (packet switching communication protocol), maka rangkaian jaringan komputer yang besar ini dapat dinamakan internet. 

Cara menghubungkan rangkaian komputer dengan kaidah ini dinamakan internetworking. Internetworking merupakan kumpulan jaringan lokal area, juga metropolitan area yang umumnya terhubung melalui router-router sehingga membentuk jaringan wide area yang begitu besar. Terkoneksi ke internet berarti menghubungkan perangkat komputer atau perangkat lain yang digunakan, kedalam jaringan komputer global di dunia. Tidak hanya perangkat komputer seperti Router, PC, laptop, atau server yang bisa terkoneksi ke internet, beberapa perangkat lain seperti mobile device (ponsel/PDA), web camera, security camera, alarm, refrigerator (lemari es), TV, remote control home/office device (seperti ; instalasi lampu ruangan/taman) dan perangkat pribadi lainya, juga dapat terkoneksi ke internet. 

2.      Intranet Awalnya teknologi intranet datang bersama dengan teknologi internet. Perbedaanya adalah pada penggunaan firewall bagi jaringan lokal intranet yang terkoneksi ke internet, agar dapat melindungi aset sistem informasi yang dimiliki perusahaan dari serangan pihak luar. Hal ini menjadikan intranet benar-benar dapat berfungsi secara independen dari internet, karena tidak terhubung dengan jaringan luar. Hal lain yang membedakan intranet dan internet adalah dari sisi penggunaanya. Aplikasi dan informasi intranet ditunjukan bagi kalangan dalam organisasi itu sendiri. 

Sedangkan innformasi di suatu situs internet ditunjukan bagi kalangan luas (umum). Intranet merupakan sebuah jaringan internal perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi internet (arsitektur berupa aplikasi web dan enggunakan protokol TCP/IP). LAN tidak sama dengan intranet, karna dalam segi penggunaan, luas area maupun implementasinya, intranet lebih luas dan bekerja lebih maksimal seperti halnya internet. Namun sangat terbatas dalam hal privilege dan hak akses para pemakainya. 

Sebuah LAN bisa saja disebut intranet, apabila LAN tersebut menerapkan aplikasi web dan menggunakan protokol TCP/IP di dalamnya. Biasanya sebuah LAN dapat dihubungkan dengan jaringan internet, sedangkan intranet justru menghindari koneksi dengan jaringan luar. Fakta bahwa perkembangan yang ada di dunia internet dapat diimplementasikan secara langsung di dalam intranet, menyebabkan intranet sangat populer dan berkembang pesat sejalan dengan perkembangan yang ada di internet. 

a)      Komponen pembentuk intranet Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen internet, seperti:
1.      Aplikasi browser
2.      Komputer server
3.      Perangkat jaringan
4.      Protokol TCP/IP
5.      Bahasa pemrograman
6.      Komputer client
7.      Perangkat bantu (development tool) untuk manajemen jaringan lokal 

b)      Beberapa jenis pemanfaatan dari intranet Penggunaan intranet bergantung dari bentuk organisasi penggunaanya. Apakah suatu toko, perusahaan multinasional, suatu instansi, atau departemen lainya. Dengan memahami kerja organisasi tersebut terlebih dahulu, maka akan sangat membantu model desain intranet yang akan digunakan. Pemanfaattan intranet dalam suatu organisasi, banyak digunakan untuk hal-hal sebagai berikut.

- Human resource personal service.
- Material and logistic service, seperti penyediaan ruangan, barang, dan sebagainnya.
- Information system services, dan lain-lain. Salah satu manfaat intranet dalam organisasi Human Resource Service dapat digunakan untuk menyajikan informasi-informasi sebagai berikut.
- Manual pekerja, misalnya tata tertib, petunjuk kerja, informasi hiburan, asuransi, prosedur pembeliaan dan pengeluaran barang.
- Bulletin board perusahaan, misalnya pengumuman kebijakasanaan, pengumuman pekerjaan, jadwal kerja, pelatihan, menu kafetaria, jadwal kegiatan ekstra.
- Record pekerja, misalnya waktu kerja dan kehadiran, data kepegawaian, seperti rumah hingga prestasi kerja.
- Newsletter (berita-berita penting) untuk pekerja.
- Informasi-informasi yang berkaitan dengan human resource departement misalnya informasi yang digunaka untuk menyewa property, memecat, memindahkan, mempromosikan, melatih karyawan dan lain-lain.


0 komentar:

Poskan Komentar